Thursday, November 17, 2011

Sekolah Berbudaya Lingkungan


Hai teman-teman....kalian tahu tidak arti dan makna dari Sekolah Berbudaya Lingkungan ,atau yang disingkat menjadi SBL? ....
Sekolah Berbudaya Lingkungan adalah..dimana sekolah kita ini,SMAN 1 BANJAR menerapkan suatu sistem budidaya gerakan hijau untuk menanam banyak berbagai jenis tanaman di dalam sekitar wilayah-wilayah SMAN 1 Banjar yang berfungsi untuk meredam polusi udara dari asap kendaraan yang masuk ke wilayah kampus SMAN 1 Banjar. Dan juga untuk mendapatkan oksigen alami langsung dari berbagai tanaman yang mengeluarkan gas udara CO2 .
Wujud pengembangan SEKOLAH BERBUDAYA LINGKUNGAN:
1.) Mewujudkan GREEN SCHOOL(sekolah hijau)

2.) Free Emission Day (HARI BEBAS ASAP POLUSI KENDARAAN)

Manajemen Sekolah Berbudaya Lingkungan  :
  • Kewajiban Free Emission Day/Hari anti polusi kendaraan pada hari Kamis untuk memarkir kendaraan bermotor di PM dekat sekolah.
  • Dilaksanakannya kegiatan kebersihan yang bersifat wajib bagi seluruh kelas X,XI,dan XII.
  • Adanya tim penilai SBL yang bertugas menilai kebersihan  di tiap kelas pada hari-hari yang telah ditentukan oleh TIM SBL.
Kinerja Sekolah Berbudaya Lingkungan :
 
  •   Wajib pada hari Kamis (Free Emission Day) atau hari bebas polusi dari kendaraan mobil dan bermotor setiap pulang sekolah,akan diadakan kegiatan kebersihan di dalam ruangan kelas dan taman yang telah di bagi wilayahnya untuk tiap kelas yang harus dibersihkan,serentak baik dari kelas X-XII dan setelahnya diadakan penilaian oleh TIM SBL yang datang ke tiap kelas.
  • Pengumuman untuk 3 juara kelas terbersih dan 3 juara kelas terkotor akan diumumkan setiap 2 minggu sekali sehabis upacara bendera selesai. Untuk 3 juara kelas terbersih akan diberi penghargaan berupa Wayang Gatotkaca dan untuk 3 juara kelas terkotor akan diberi penghargaan berupa Wayang Sutasoma.
 
Hal ini bertujuan untuk memberi motivasi dan mendidik siswa dan siswi agar senantiasa peduli terhadap kebersihan lingkungan,baik di dalam ruangan kelas maupun dalam menjaga kebersihan di taman-taman kelas yang telah dibagi.
Integrasi materi lingkungan hidup dalam kegiatan:
  • Berkaitan dengan kurikulum mata pelajaran PLH
Agar siswa mampu menganalisis setiap bidang keahlian agar menghasilkan suatu materi kejuruan yang berkaitan dengan lingkungan hidup.
  • Penampilan sekolah 
Penampilan sekolah berbudaya lingkungan secara umum dapat dinilai dari adanya : 1) Penerapan hemat energi 2) Manajemen/ pengelolaan pemisahan sampah 3) Pengelolaan air bersih dan kotor 4) Pengelolaan emisi/ gas buang 5.)penghijauan
  • Sikap untuk warga SMAN 1 Banjar
Dalam mewujudkan Sekolah Berbudaya Lingkungan. Pelaksanaan PLH disekolah mempunyai sasaran meningkatkan kepedulian seluruh warga sekolah (kepala dan wakil sekolah, tenaga administrasi, guru, dan siswa) terhadap lingkungan. Standar penilaian dapat dibuat sesuai kebutuhan sekolah. Sebagai contoh untuk menilai sikap dan perilaku siswa dengan kategori baik atau jelek dapat dilihat dari penampilan kelasnya. Jika kelas siswa kelihatan kotor, apakah akibat banyak kertas berserakan dan banyak coretan di dinding, kelasnya dapat dinilai bahwa siswa tersebut belum memiliki kepedulian terhadap lingkungan. Demikian juga bagi guru, tenaga administrasi, dan kepala sekolah dapat dinilai dari ruang kerja masing-masing unit.

6 comments:

Indra Hari Mukti said...

Pertamaxxx.....
Podium..Podium.. hhahaha :D

Fachry Rilly 081010 said...

urang :bingung

ezawahyu said...

saya tertawa terngakak-ngakak :ngakak

ari fitriani said...

sip keren !!! http://img87.imageshack.us/img87/4976/cendol.gif

ezawahyu said...

haha si ari te bisaeun mke na ,, wkwkwkk :ngakak

Indra Hari Mukti said...

wkwkwkwkwk.... watirr..... :bata

:nyimak :bata :bingung :capede :cendol :rate :duka :malu2 :malu :marah :metal :nangis :ngacir :ngakak :ngintip :pertamax :Baby Maho :sundul :tamasya

Post a Comment

 
Design by Exthrac | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons